Plate Count Agar (PCA) - Definisi, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Uji


Medium pertumbuhan mikroorganisme terdiri atas campuran nutrisi (nutrient) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembang biakan mikroorganisme. Koloni mikroorganisme yang tumbuh dipermukaan medium mempermudah para peneliti untuk menentukan jumlah populasi. Jumlah populasi ditentukan berdasarkan jumlah koloni tunggal yang tampak.

Menurut teori, satu sel mikroorganisme baik itu sel bakteri atau fungi dapat membentuk satu koloni tunggal. Dengan membandingkan jumlah koloni yang tumbuh dipemukaan medium dapat digunakan untuk mengestimasi total sel mikroorganisme awal yang terdapat pada suatu sampel. Metode perhitungan ini dikenal dengan sebutan Total Plate Count dan biasanya menggunakan medium khusus bernama Plate Count Agar (PCA).

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Definisi dan Kegunaan Medium PCA

Medium Plate Count Agar (PCA) merupakan medium yang digunakan dalam metode standar perhitungan jumlah bakteri dalam berbagai sampel uji seperti air, air limbah, makanan dan produk dairy. Medium PCA juga disebut sebagai Standard Medium agar (SMA) yang bersifat tidak selektif atau dapat digunakan untuk menumbuhkan berbagai jenis mikroorganisme.

Medium PCA tidak cocok digunakan untuk diagnosis penyakit pada manusia karena sifatnya tidak selektif dan tidak mengandung zat kimiawi tertentu untuk mengamati kikroorganisme. Kegunaan utama dari medium PCA adalah sebagai medium untuk menghitung jumlah mikroorganisme pada suatu sampel.

B. Komposisi Medium PCA - Oxoid

Komposisi medium Plate Count Agar menurut formulasi Oxoid adalah sebagai berikut:

KomposisiSatuan
Tryptone5 gram
Yeast Extract2.5 gram
Agar9 gram
Distilled Water1 liter
Final pH 7,0 ± 0.2 @ 25°C
 

C. Cara Pembuatan Medium PCA - Oxoid

  1. Formulasi medium PCA menurut produk Oxoid adalah 17,5 gram / liter akuades. 
  2. Jadi untuk membuat 1 liter / 1000 ml medium dibutuhkan sebanyak 17,5 gram serbuk medium PCA yang dilarutkan kedalam 1 liter akuades.
  3. Timbang medium menggunanakan timbangan analitik agar lebih presisi.
  4. Larutkan 17,5 gram medium kedalam 1 liter akuades dengan cara dipanaskan pada suhu 80°C sambil diaduk menggunakan alat hot plate and magnetic stirrer. Pastikan medium larut dengan sempurna dan tidak terjadi penggumpalan.
  5. Atur pH medium hingga mencapai 7.0 ± 0.2.
  6. Mengatur pH medium dapat menggunakan alat pH meter agar hasilnya lebih akurat. Apabila saat pengukuran awal medium mempunyai pH diatas 7.0 maka dapat ditambah larutan HCL sedikit demi sedikit. Dan sebaliknya apabila pH medium lebih rendah dari 7.0 dapat ditambah larutan NaOH.  
  7. Medium yang telah jadi dimasukkan kedalam tabung reaksi / tabung vial sesuai kebutuhan dan ditutup dengan tidak rapat / renggang.
  8. Setelah disterilisasi dan medium masih bersifat cair, medium dituang dalam cawan steril secara aseptis.
  9. Tunggu medium hingga memadat dan simpan pada suhu 2-8°C apabila tidak digunakan.
 

D. Interpretasi Uji Medium PCA

Interpretasi pertumbuhan koloni bakteri pada medium Plate Count Agar adalah sebagai berikut:
  • Bacillus subtilis = Koloni berwarna coklat jerami
  • Escherichia coli = Koloni berwarna coklat jerami
  • Staphylococcus aureus = Koloni berwarna coklat jerami
  •  

E. Sumber & Referensi

  • https://www.neogen.com/
  • http://www.oxoid.com/
  • Wati, Risa Yudi. 2018. Pengaruh Pemanasan Media Plate Count Agar (PCA) Berulang Terhadap Uji Total Plate Count (TPC) di Laboratorium Mikrobiologi Teknologi Hasil Pertanian Unand . Vol.1 No. 2, Nov 2018 ISSN 2621-0878 44.

1 Response to "Plate Count Agar (PCA) - Definisi, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Uji"

  1. Originally, Gov. Kevin Stitt renegotiated two tribal compacts to 원 엑스 벳 permit for sportsbooks on tribal lands, but this move provoked a disagreement between the governor and attorney general. A invoice to legalize in March 2022 has stalled out in the Oklahoma House of Representatives, might be} no|and there's no} timeline for a sports betting launch. Sports betting just isn't authorized in Minnesota and won’t be so until at least of|no much less than} 2023.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel