MRS Agar - Definisi, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Hasil

MRS Agar atau singkatan dari de Man Rogosa Sharpe agar (MRSA) merupakan medium pertumbuhan bakteri yang bersifat selektif terhadap kelompok Bakteri Asam Laktat (BAL). Bakteri asam laktat (BAL) adalah kelompok bakteri Gram positif yang mampu menghasilkan asam-asam organik. Genus bakteri yang termasuk kelompok BAL adalah genus Lactobacillus, Streptococcus, Pediococcus dan Leuconostoc. Beberapa spesies anggotanya merupakan mikrobiota saluran pencernaan manusia dan beberapa spesies bereperan sebagai probiotik.

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Definisi dan Kegunaan Medium MRS Agar

Medium MRS adalah medium selektif yang digunakann untuk mengisolasi dan menyeleksi pertumbuhab bakteri asam laktat (BAL) Medium ini diformulasikan dan dikembangkan oleh 3 orang ilmuan bernama  Johannes Cornelis de Man, Morrison Rogosa, dan Margaret Elisabeth Sharpe pada tahun 1960. Sebagai bentuk penghargaan kepada penemuan mereka, medium ini diberi nama sesuai dengan nama penemunya yaitu deMan Rogosa Sharpe atau disingkat menjadi MRS.

Medium ini awalnya dibuat sebagai pengganti medium alami yang terbuat dari jus tomat untuk menumbuhkan spesies bakteri Lactobacillus. Namun medium ini ternyata dapat digunakan juga digunakan untuk menumbuhkan spesies bakteri lain yang termasuk dalam kelompok BAL.

Sebenarnya medium MRS Agar saat awal pembuatan tidaklah bersifat selektif terhadap kelompok bakteri adam laktat. Namun dengan adanya beberapa modifikasi dalam medium berupa penurunan pH medium hingga 5,7 dan penambahan asam sorbat 0,14%, medium ini dapat digunakan untuk menyeleksi pertumbuhan bakteri asam laktat.

Tingkat selektifitas medium MRS Agar juga dapat dipersempit untuk mengisolasi spesies tertentu. Dengan mengatur pH Medium dengan kisaran pH 5 - 6.5,  medium ini dapat digunakan untuk menyeleksi spesies bakteri asam laktat dari genus Lactobacillus, Pediococcus dan Leuconostoc. 

Selain digunakan sebagai medium isolasi, MRS Agar juga digunakan sebagai medium enumerasi atau perhitnugan jumlah bakteri. Selai itu medium MRS Agar juga bermanfaat sebagai media produksi senyawa metabolit sekunder, misalnya menghasilkan bakateriosin.

Saat ini produk MRS Agar sudah banyak tersedia dalam dalam bentuk kemasan serbuk. Sifat fisik medium MRS Agar adalah padat dan ada juga yang cair (broth) yang tidak mengandung pemadat dan disebut MRS broth. MRS Agar biasanya disiapkan didalam cawan petri / tabung erlenmeyer / tabung reaksi sesuai dengan kebutuhan.

B. Komposisi Medium MRS Agar(Oxoid)

Komposisi medium MRS Agar berdasardkan formulasi dari Oxoid dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Peptone10 gram
Lab-Lemco Powder8 gram
Yeast Extrac4 gram
Glucose20 gram
Sorbitan mono-oleate1 ml
Dipotassium hydrogen phosphate2 gram
Triammonium citrate2 gram
Magnesium Sulphate 7H2O0,2 gram
Manganese Sulphate 4H2O0,05 gram
Agar10 gram
Distilled Water1 liter
Final pH 6.2 ± 0.2 @ 25°C

C. Cara Membuat Media MRS Agar - Oxoid

  1. Formula Medium MRS Agar menurut formulasi Oxoid adalah 62 gram / liter akuades (Oxoid). Jadi untuk membuat 1 liter / 1000 ml larutan dibutuhkan sebanyak 62 gram medium bubuk MRS Agar yang dilarutkan kedalam 1 liter akuades.
  2. Langkah pertama adalah timbang medium menggunanakan timbangan analitik agar lebih presisi.
  3. Larutkan 62 gram medium kedalam 1 liter akuades dengan cara dipanaskan pada suhu 80°C sambil diaduk menggunakan alat hot plate and magnetic stirrer. Pastikan medium larut dengan sempurna dan tidak meninggalkan gumpalan.
  4. Atur pH medium hingga mencapai 6,2 ± 0.2.
  5. Masukkan medium kedalam tabung erlenmeyer / tabung reaksi sesuai kebutuhan dan tutup dengan tidak rapat / renggang.
  6. Sterilisasi medium menggunakan autoklaf pada suhu 121°C dan tekanan 2 Atm selama 15 menit.
  7. Setelah disterilisasi dan medium sudah agak digin medium dapat dituang ke cawan petri dengan volume 8 - 10 ml.
  8. Setelah cukup padat medium dapat digunakan untuk melakukan kegiatan isolasi / kultivasi. Medium yang tidak digunakan dapat disimpan pada suhu 2 - 8 °C untuk sementara waktu.
 

D. Interpretasi Pertumbuhan BAL pada Medium MRS Agar

Kontrol PositifHasil yang diharapkan
Lactobacillus gasseri ATCC 19992*Tumbuh Baik dengan koloni berbentuk bulat dan berwarna jerami
Kontrol NegatifHasil yang diharapkan
Medium yang tidak diinokulasiTidak ada perubahan


E. Sumber & Referensi

  • de Man J. C., Rogosa M. and Sharpe M. Elisabeth. A medium for the cultivation of LactobacilliAppl. Bact. 23. 130-135, 1960.
  • Oxoid.com

0 Response to "MRS Agar - Definisi, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Hasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel