Massilistercora timonensis (Marseille-P3756T)


Massilistercora timonensis strain Marseille-P3756T adalah nama spesies baru dari bakteri genus Massilistercora filum Firmicutes, yang berhasil diisolasi dari mikrobiota saluran pencernaan manusia. Bakteri ini diisolasi dari sampel feses seorang perempuan asal Perancis yang berusia 85 tahun. Pemberian nama Massilistercora diambil dari nama latin Massilia atau Marseille (Perancis) yang merupakan nama sebuah Rumah Sakit Universitas di Perancis, dan Stercora yang berarti feses atau tempat ditemukannya bakteri. Sedangkan Timone diambil dari nama Rumah Sakit tempat merawat pasien yang diambil sampelnya. Identifikasi dan determinasi spesies bakteri sudah dilakukan secara morfologi, biokimiawi, dan pendekatan molekuler.

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Isolasi dan Kondisi Pertumbuhan Bakteri

Bulan Desember Tahun 2016 bakteri berhasil diisolasi dari sampel feses perempuan lansia yang berusia 85 tahun dan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Timone, Marseille Perancis. Bakteri diisolasi dengan cara menumbuhkan pada medium agar yang mengandung 5% darah domba yang diperkaya dengan agar Columbia (COS) (bioMerieux, Marcy I'Etoile, France). Inkubasi dilakukan selama 3 hari pada suhu 37 °C dalam kondisi anaerob (anaeroGEN; Oxoid, Dardily, France).

B. Karakter Fenotip Bakteri

Mikrograf SEM bakteri Massilistercora timonensis sp. nov. strain Marseille-P3756T 

  • Koloni bakteri yang tumbuh pada medium berwarna krem, haemolitik, berbentuk sirkular dengan diameter 0,5 - 1 mm.
  • Sel bakteri bersifat Gram negatif (-), motil, berbentuk basil/batang dengan diameter 0,3 μm dan lebar antara 0,8 - 1,2 μm.
  • Uji Katalase dan Oksdase menunjukkan hasil negatif, obligat anaerob dan tidak dapat membentuk endospora. 
  • Uji Biokimiawi dilakukan dengan strip APY ZYM, API 50CH dan API 20NE (bio Merieux).
  • Uji API ZYM menunjukkan reaksi enzimatik positif pada uji naftol-AS-BI-fosfohidrolase, β-galaktosidase, α-glukosidase dan β-glukosidase.
  • Uji API 50CH menunjukkan reaksi positif pada uji gliserol, D-glukosa, D-fruktosa, N-asetil-glukosamin dan potasium 5-ketoglukonat.
  • Uji API 20NE hanya menunjukkan reaksi positif pada uji nitrat, dan yang lainnya negatif. 

C. Informasi Genetik Bakteri

  • Sekuen nukleotida 16S rRNA bakteri Massilistercora timonensis gen. nov., sp. nov strain Marseille-P3756T memiliki kemiripan sebesar 95,2 % terhadap Merdimonas faecis strain BR31 (GeneBank no. akses NR_157642) (perbedaan >1,3%).
  • Analisis filogenetik sekuen nukleotida 16S rRNA menunjukkan bahwa bakteri Massilistercora timonensis gen. nov., sp. nov strain Marseille-P3756T berkedudukan ditakson berbeda dengan spesies bakteri yang berkerabat dekat. 
  • Genom bakteri Massilistercora timonensis gen. nov., sp. nov strain Marseille-P3756T berukuran 2.769.591 pasang basa (bp) dengan konten G+C sebesar 51.2 %.
  • Analisis dengan aplikasi OrthoANI menunjukkan kekerabatan antara Massilistercora timonensis dengan Mardimonasi faecis sebesar 75,64% (kemiripan <95%).
  • Takson yang berbeda, perbedaan sekuen  16S rRNA >1,3% dan nilai OrthoANI <95% mengklasifikasikan strain Marseille-P3756T sebagai spesies baru pada genus  Massilistercora filum Firmicutes.

D. Sumber dan Referensi

  • Tall, M.L., Pham, T.P.T, Bellali, S., Ngom, I. I., Delerce, J., Lo, C, I, Raoult, D., dan Levasseur, A. 2020. Massilistercora timonensis gen. nov., sp. nov a new bacterium isolated from the human microbiota.  New microbe and New Infect Journal 2020; 35: 100654, Elsivier Publisher.

0 Response to "Massilistercora timonensis (Marseille-P3756T)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel