Bagian - Bagian Mikroskop Cahaya

 

Pernahkah Anda mengamati bagaimana bentuk sel daun tanaman? Atau mengamati bentuk sel bakteri yang super kecil? Bagaimana bentuknya dan alat apa yang Anda gunakan untuk mengamatinya? 

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Definisi dan Fungsi Mikroskop 

Saat praktik mata pelajaran Biologi di sekolah menengah kita pernah melakukan pengamatan terhadap bentuk sel makhluk hidup. Bentuk sel yang sering diamati adalah sel tumbuhan atau beberapa jenis jamur dan bakteri. Alat yang digunakan dalam pengamatan adalah mikroskop cahaya. Mikroskop adalah sebuah alat yang mempunyai 2 jenis lensa yang dapat memperbesar obyek berkali-kali lipat.  Fungsi mikroskop adalah untuk memperbesar ukuran obyek yang sedang diamati berkali lipat dari ukuran normal.

B. Tipe Mikroskop Cahaya

Mikroskop cahaya mempunyai 2 jenis tipe berdasarkan jumlah lensa okuler yang digunakan sebagai lubang pengamatan (eyes pieces), yaitu mikroskop monokuler dan binokuler. Mikroskop monokuler adalah mikroskop dengan satu buah lensa okuler, sedangkan binokuler adalah mikroskop dengan dua buah lensa okuler. Keduanya menggunakan sumber penerangan dari cahaya matahari atau cahaya lampu elektrik.

C. Cara Menggunakan Mikroskop

Penggunaan mikroskop terkadang cukup menyulitkan bagi para pengguna pemula (newbie). Obyek yang diamati terkadang malah berwarna gelap, terlalu terang atau bahkan buram (blur), sehingga tidak nampak dengan jelas. Apabila salah dalam cara penggunaanya juga dapat berakibat fatal seperti engsel yang lepas atau lensa tidak dapat difokuskan. Mengingat harga mikroskop cukup mahal dan biasanya tidak diperjulakan-belikan secara bebas. Namun, hal ini dapat diatasi apabila kita sebelumnya sudah mengetahui fungsi bagian-bagian dari mikroskop secara jelas.

D. Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya dan Fungsinya

Secara umum mikroskop cahaya terdiri dari 3 bagian utama, yaitu bagian kepala (head), lengan (arm) dan dasar (base). 

Bagian kepala merupakan bagian yang terdiri dari lensa okuler dan kaca optik. Bagian lengan terdapat penyangga kepala mikroskop yang berfungsi sebagai pegangan untuk mengangkat/menindahkan mikroskop. Sedangkan bagian dasar terdapat pijakan untuk menyangga keseluruhan bagian mikroskop dan biasanya berisi perangkat elektrik. Berikut merupakan bagian -bagian mikroskop beserta fungsinya.

 


  1. Ocular lens/eyes pieces (Lensa Okuler) - Bagian untuk mengamati obyek yang mempunyai lensa dengan standar magnifikasi 10x dan terdapat pilihan antara 5 - 30x.
  2. Diopter adjusment - Mengatur posisi lensa okuler menyesuaikan pandangan mata.
  3. Nose piece/Revolver - Pemutar lensa untuk mengatur penggantian lensa obyektif.
  4. Objective lens (Lensa obyektif) - Lensa utama mikroskop yang biasanya terdiri 4 lensa dengan masing-masing mempunyai standar perbesaran 4x, 10x, 40x dan 100x.
  5. Stage clip (Penjepit preparat) - Menahan kaca preparat agar tidak bergeser.
  6. Aperture - Lubang kaca dimeja spesiemen untuk meneruskan cahaya.
  7. Diaphargm (Diafragma) - Pemutar katup penutup aperture untuk menentukan intensitas cahaya yang masuk kedalam spesimen.
  8. Condenser (Kondensor) - Lensa yang digunakan untuk memfokuskan cahaya dari sumber cahaya.
  9. Illuminator (Lampu) - Sumber cahaya mikroskop yang mengandalkan energi listrik.
  10. Brightness adjusment (Pengatur penerangan) - Tombol putar untuk mengatur intensitas sumber cahaya.
  11. Light switch - Tombol untuk menyalakan illuminator sebagai sumber cahaya mikroskop.
 

E. Sumber & Referensi

  • Microbiology by Lansing M. Prescott (5th Edition)
  • https://microbenotes.com/parts-of-a-microscope/

0 Response to "Bagian - Bagian Mikroskop Cahaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel